Pengertian Manajemen Pemasaran

American Marketing Association dan Kotler menyimpulkan tentang pengertian pemasaran yaitu suatu penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian terhadap konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa serta program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud mencapai tujuan organisasi.
Menurut Kotler (1997:13) manajemen pemasaran adalah “proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.”
Menurut Kotler (1997:8), pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Menurut Mursid (1997:26), pemasaran adalah semua kegiatan usaha yang bertalian dengan arus penyerahan barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen. Sedangkan menurut Swastha (2001:100), Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari pengertian di atas dapat dikatakan bahwa pemasaran adalah suatu langkan atau cara yang diambil oleh individu atau kelompok dalam kegiatan terpadu yang memuaskan keinginan pasar atau konsumen dengan memindahkan barang atau jasa melalui proses pertukaran di suatu tempat dengan tujuan memperoleh laba bagi perusahaan.